Ads 468x60px

Pages

Sunday, November 18, 2012

5 Aplikasi Google untuk Mahasiswa


Berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan mahasiswa dalam memanfaatkan dan mengoptimalisasi Google Apps for education untuk melakukan beberapa kegiatan di kampus:

1. Google Docs
manfaat google










Aplikasi Google Docs merupakan aplikasi yang berbasis web dan dapat diakses dari manapun selama ada koneksi internet, tidak perlu diinstal ataupun diupgrade ke versi terbaru. Selain itu, keuntungan lainnya adalah Google Docs dapat diakses secara gratis.  Dengan fitur ini mahasiswa dimudahkan untuk mengerjakan tugas kelompok dalam satu dokumen pada waktu yang bersamaan walaupun berbeda lokasi pengerjaan tugas. Selain itu, melalui Google Docs, mahasiswa bisa mencatat dan menyusun resume yang nantinya bisa diajukan kepada calon perusahaan tempatnya bekerja, maupun untuk kepentingan lainnya.
Aplikasi Google Docs mendukung file yang dibuat dengan aplikasi office populer. Jenis file yang dapat dikenali antara lain DOC, XLS, ODT, ODS, RTF, CSV, dan PPT. File dengan jenis tersebut dapat diupload pada server Google Docs dan diedit. Namun, terjadi sedikit perubahan format dokumen dibandingkan dengan pengeditan dengan aplikasi aslinya.
Hasil dokumen yang dikerjakan melalui google docs tersebut bersifat pribadi. Isi dokumen tersebut tidak akan dapat diakses oleh pencarian mesin pencari. Tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses informasi dalam dokumen tersebut, kecuali si pemilik dokumen memberikan hak akses untuk melihat (atau memodifikasi) dokumen tersebut. Hak akses untuk melihat ayau memodifikasi dapat diberikan kepada akun tertentu ataupun secara publik sehingga semua pihak (termasuk mesin pencari) dapat mengakses isi informasi pada dokumen tersebut.

2. Google Forms
optimalisasi google apps








Dengan menggunakan aplikasi ini mahasiwa dimudahkan untuk mengerjakan tugas survey seperti yang sering dilakukan mahasiswa dalam mata kuliah penelitian sosial. Google Forms memungkinkan mahasiswa untuk menyebarkan beberapa kuesioner secara online, dan keuntungan dari survey online ini adalah data yang terkumpul bisa langsung diolah dan dipantau.
Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini mahasiswa juga dapat membuat isian yang berisi data-data dari profil calon peserta pada suatu kegiatan yang diadakan di kampus.

3. Google Calendar
Google Apps For Education











Google Calendar adalah salah satu fitur gratis yang disediakan Google untuk para penggunanya. Dengan Google Calendar, pemilik akun Google dapat mengatur jadwal dan berbagi info jadwal tersebut kepada orang lain.
Mahasiswa juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menjaga agenda sehari-hari mahasiswa sehingga tidak ketinggalan jadwal kuliah ataupun pengerjaan tugas. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh kampus yang menerapkan Google Apps for Education adalah mengintegrasikan kalender akademik, hingga jadwal perkuliahan dan tenggat tugas dengan aplikasi Google Calendar. Dan Jika hal itu dilakukan tentu akan makin memudahkan mahasiswa mengatur waktu masing-masing.

4. Google Plus
aplikasi google











Kemampuan Hangout di Google Plus memungkinkan pertemuan antar-teman maupun kelompok belajar secara tatap muka dari lokasi yang berjauhan. Selain antar-mahasiswa, Hangout juga bisa dimanfaatkan oleh pengajar untuk melakukan diskusi dengan mahasiswanya.
Hal lain yang menjadi penting bagi mahasiswa adalah memiliki kegiatan di luar kurikulum (ekstrakurikuler). Kegiatan itu bisa berupa organisasi formal (BEM, himpunan, dan lainnya) hingga kegiatan berbasis hobi, seperti grup musik atau olahraga.

5. Google Sites
aplikasi google terbaik







Google Sites adalah aplikasi terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat. Google Sites disiapkan sebagai pengganti dari Google Page Creator . dengan ini organisasi mahasiswa atau kegiatan lainnya bisa membangun situs untuk menampilkan kegiatan ataupun informasi lainnya.
Google Sites juga memungkinkan integrasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Docs, Spreadsheet, atau Forms.

Artikel di atas hanya memuat sebagian kecil manfaat yang bisa digunakan dari kelima google apps tersebut. Yang terpenting adalah usaha dari mahasiswa itu sendiri dalam mengoptimalkan aplikasi-aplikasi yang telah disediakan oleh google tersebut untuk membantu setiap kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selama di kampus.

Apakah pendapat Anda tentang kelima aplikasi dari Google terbaik untuk mahasiswa di atas ? Kami senang jika Anda bersedia memberi komentar ataupun masukan untuk djoeblogger.blogspot.com.
Semoga bermanfaat :)

Sumber: http://tekno.kompas.com

0 komentar:

Post a Comment