Ads 468x60px

Pages

Friday, November 23, 2012

Tips Penting untuk Pengguna Android


Bagi Anda pengguna Android yang mempunyai masalah dalam menggunakan gadget Anda seperti baterai yang boros ataupun kinerja perangkat yang menjadi lambat. Postingan artikel saya kali ini mungkin bisa mengatasi masalah-masalah tersebut supaya gadget yang Anda miliki dapat bekerja lebih responsive dari sebelumnya.

Panduan yang saya berikan bukan bertujuan untuk menambah kualitas dari baterai ataupun menambah kapasitas memori ponsel Android anda. Informasi berikut bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja gadget Android yang Anda miliki. Baik, berikut langkah-langkahnya:

1. Cara menghemat baterai ponsel Andoid
  • Non aktifkan WiFi dan Bluetooth

Pastikan WiFi handphone Anda mati jika tidak diperlukan. Cara mematikan WiFi adalah dengan menginstall widget WiFi OnOff yang ada pada Android market. Setelah terinstall, tekan dan tahan pada homescreen, dan pilih “Widget” lalu “WiFi OnOff”. Atau Anda dapat menonaktifkan WiFi jika tidak ada sinyal Wifi, untuk dapat mengecek sinyal WiFi aktif atau tidak, Anda bisa manfaatkan fitur pada aplikasi WiFi status.
Jangan lupa juga untuk mendisable Bluetooth saat tidak dibutuhkan agar tidak menguras baterai smartphone Anda. Bila Anda tidak mau repot-repot menginstall aplikasi, Anda bisa mengatur pengaturannya sendiri dengan masuk ke menu settings > wireless & networks.
  • Kurangi tingkat pencerahan layar

Metode ini juga berpengaruh untuk penghematan baterai Android. Karena jika tingkat cahaya pada layar tinggi pastinya memerlukan pemakaian baterai yang lebih besar. Untuk pengaturannya Anda bisa lihat di settings > display > brightness.

2. Tips menghemat pemakaian memori pada Android
  • Non aktifkan Sync

Gunakan menu AutoSync OnOff untuk pengaturan disable-enable Sync secara manual guna mengatasi berkurangnya tingkat respon dari Android smartphone pada saat proses sinkronisasi.
  • Sync pada kalender Anda saja

Hapus semua kalender yang ada kecuali kalender Anda supaya pemakaian memori Anda tidak boros dan proses sinkronisasi akan menjadi lebih cepat. Cara meremove kalender adalah Buka Calendar, pilih Menu > More > My calendars > Menu > Remove calendars.
  • Matikan proses yang tidak terpakai

Android akan mematikan proses saat RAM melambat, namun biasanya ponsel sudah terlanjur melambat sebelum penghentian proses tersebut. Solusinya adalah Anda bisa menginstall Taskiller untuk mematikan semua proses yang tidak dibutuhkan.
  • Lakukan reboot

Saat Anda merasa android ponsel milik Anda lemot ataupun menjadi tidak responsive, Anda perlu melakukan rebooting untuk menjaga kapasitas memori.
  • Pindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal/SD card

Langkah ini untuk menjaga kapasitas dari memori internal ponsel Anda agar tidak berat. Namun jika Anda masih kekurangan memory maka perlu rooting ponsel Android Anda sehingga akan tersedia lebih banyak memory.

Demikian tips seputar upaya optimalisasi hanphone android milik Anda agar dapat bekerja lebih efektif saat digunakan.
Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment